Laman

23 June 2011

"Pindang" Antara Jawa Timur dengan Palembang



Pindang Jawa Timur


Pindang Palembang

Suatu pengalaman lucu saat saya ada kerjaan di Palembang, Sumatera Selatan. Suatu hari setelah pulang kerja kami serombongan satu mobil berniat makan di suatu rumah makan. Waktu itu kita ber-6 yaitu saya sendiri, mas Agus Yulianto, Mbak Hani, Mbak Nina dan Pak Dedi (Driver). Pilihannya akhirnya makan di rumah makan dengan menu pindang khas Palembang di jalan MP. Mangkunegara entah apa nama rumah makannya saya sudah lupa dan emang tidak mengingat ingat yang jelas tulisannya menyediakan menu pindang khas Palembang. Saat masuk - kebetulan Mbak Hani yang juga pesen menu pindang sama dengan saya. waktu ditanya sama pelayanannya "mas pindangnya pindang daging atau pindang tulang?" dan spontan saya jawab "pindang tulang mbak". Pikiran saya waktu itu pindang daging adalah pindang yang di presto alias tulangnya bisa di makan, dan pindang tulang ya pindang yang biasa lengkap dengan duri-durinya. Dan alahmak setelah pesanan pindang saya di anter ternyata yang datang kok kalau di Jawa Timur seperti gulai kambing lah. Saya tanya ke temen-temen yang asli Palembang "lho kok pindangnya kayak gule gini?" semuanya pada ketawa ngakak,"ya begini ini mas yang namanya pindang Palembang". Oalah pindang itu tak pikir sejenis ikan laut mirip tongkol kalau di Jawa Timur e,,ternyata salah hahaha,,,,.

No comments:

Post a Comment